Kemeriahan Haul Ke – 2 KH. Ahmad Saleh di Hadiri Ratusan Abnaul Khairaat Se – Provinsi Gorontalo

TajukJurnalis.Com, POHUWATO – Kemeriahan dalam memperingati Haul ke-2 KH Ahmad Saleh, yang dirangkaikan dengan silaturahmi akbar Abna’ Al-Khairaat dan pelantikan HPA Banaat Al-Khairaat Kecamatan se-Kabupaten Pohuwato, berjalan dalam suasana yang khidmat dan di hadiri oleh ratusan Abnaul Khairaat se Provinsi Gorontalo.

Ratusan Abna’ Al-Khairaat tampak hadir di kegiatan rutin Al-Khairaat itu, tidak hanya berasal dari wilayah Pohuwato, namun juga datang dari berbagai wilayah ini mengikuti kegiatan haul yang dipusatkan di Pondok Pesantren Al-Khairaat, Kecamatan Buntulia, Kabupaten Pohuwato, pada Ahad (06/08/2023).

Kegiatan diawali dengan doa dan tahlilan yang dipandu Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Khairaat Dembe KH. Sarmada Inaku, Qadhi Pohuwato, Hakimu Pohuwato dan Imam Besar Masjid Agung Pohuwato.

Kegiatan itu turut dihadiri Bupati Pohuwato Saipul A Mbuinga, Anggota DPRD Pohuwato, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Boalemo Lahmudin Hambali, Sesepuh Al-Khairaat sekaligus Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Khairaat Dembe KH. Sarmada Inaku, Komda Al-Khairaat Pohuwato Hamdi Alamri, Qadhi Pohuwato Ust. Syaiful Sabu, Pimpinan OPD, para Camat, Ketua Himpunan Pemuda Al-Khairaat Abdul Muthalib Karim, Ketua Banaat Al-Khairaat Pohuwato Karmila Djauhari.

Selain itu, turut hadir Ketua WIA Kabupaten Pohuwato, Ketua PC NU Pohuwato, Pimpinan Ponpes Hidayatullah Marisa, dan pembawa tausiyah Dai Polri Nasional Iptu Mohammad Atmal Fauzi, SH.

“Saat ini kita sedang memperingati haul ke-2 almarhum K.H. Ahmad K. Saleh, maka yang akan terlintas dalam pikiran serta ingatan kita adalah mengenang kembali perjuangan serta pengabdian almarhum pada masa hidupnya. Paling berkesan dan terus kita kenang adalah kesetiaan, konsistensi dan kecintaan beliau terhadap kemajuan pendidikan Al-Khairaat”, kata Bupati Pohuwato Saipul A Mbuinga dalam sambutannya.

Menurut Bupati Saipul, perjuangan KH. Ahmad Saleh menjadi pengasuh pondok pesantren Al-Khairaat Buntulia dimulai sejak dari kondisi sarana dan prasarana lembaga pendidikan ini masih sangat terbatas.

Namun begitu, kata Bupati Saipul, berkat buah dari perjuangan itu telah mengantarkan ponpes Al-Khairaat Buntulia kini mengalami kemajuan sebagaimana kita saksikan hari ini.

Olehnya itu, sudah sepatutnya keluarga besar Al-Khairaat atau Abna’ Al-Khairaat yang sedang berkumpul ditempat ini hendaknya mengambil hikmah dan teladan dari perjuangan almarhum K.H. Ahmad Saleh dengan meneruskan apa yang telah di rintis.

Almarhum, ujar Bupati Saipul, selain bergelut dengan dunia pendidikan, juga mengemban tugas negara sebagai Kepala KUA, dengan jabatan terakhir sebagai KUA Kecamatan Marisa. Selain itu, ia juga mendapatkan amanah dari umat dan pemerintah Kabupaten Pohuwato menduduki jabatan sebagai Qadhi Kabupaten Pohuwato.

“Atas jasa-jasa almarhum kepada agama, adat dan pemerintah, maka belaiu diberikan gelar adat dari ulipu duluwo limo lo pohalaa, ta ilo paduma to wuudu atau (putra terbaik yang tekun dan ikhlas menjabarkan pengetahuan agama islam sampai akhir hayatnya). Kita doakan bersama semoga almarhum K.H. Ahmad K. Saleh beroleh pahala yang berlimpah dari amal jariah selama hidup serta diberikan tempat terbaik disisi Allah SWT”, ucap Bupati Saipul sambil berdoa.

Terakhir, Orang nomor satu di Kabupaten Pohuwato ini menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada pengurus Himpunan Pemuda Al-Khairaat (HPA) beserta Banaat se-Kabupaten Pohuwato yang baru saja dilantik.

“Selamat bekerja dan berkarya demi untuk kemaslahatan umat”, tutur Bupati Saipul.